05
Jul
08

38 Tugas Mujahid Muslim

  1. Bacalah Alqur’an setiap hari. Usahakan tamat (khatam) dalam satu bulan.

  2. Telitilah tilawah (bacaan) dan terjemahannya dengan seksama diwaktu waktu luang. Pelajarilah kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Hafalkan minimal 40 hadits, dan pahamilah

pengetahuan tentang prinsip-prinsip aqidah serta hukum islam.

  1. Jagalah kesehatan badan, selalu check up dan obati segera penyakit yang timbul. Berlatihlah bela diri dan jauhi semua penyebab kelemahan badan.

  2. Kurangi minum kopi, teh, dan minuman perangsang lainnya serta jangan sekali-kali merokok.

  3. Jaga kerapihan dan kebersihan diri, pakaian, makanan, rumah dan tempat bekerja.

  4. jujurlah selalu dan jangan sekali-kali berdusta.

  5. Tepatilah setiap janji dan jangan melanggarnya.

  6. Jadilah pemberani dan tabah. katakan kebenaran walaupun kamu sendiri membencinya. Jagalah rahasia, akui kesalahan secara kesatria dan kendalikan diri sewaktu marah.

  7. Selalu serius dan penuh keyakinan, namun tetaplah tersenyum dan berkelakar yang wajar.

  8. Hidupkan sifat malu, lembut perasaan dan sensitif kepada keburukan dan hiduplah sederhana sesuai dengan kemampuan. Bersikaplah tawadhu’ tetapi tanpa menghinakan diri.

  9. Berlaku adillah dalam memutuskan segala sesuatu, tidak terbakar oleh kemarahan dan tidak terbujuk oleh rayuan dan kenikmatan. Janganlah dendam menghalangi berterima kasih. Katakan yang benar walaupun pahit, biarpun mengenai dirimu sendiri atau orang-orang yang akrab denganmu.

  10. Libatkanlah dirimu secara aktif dan penuh gairah. dalam kegiatan2 sosial. Kamu harus merasa bahagia setiap kali dapat berbuat untuk orang lain. Kunjungilah yang sakit, tolonglah yang membutuhkan, bantulah yang lemah, ringankanlah penderitaan orang walaupun hanya dengan secercah senyum dan kata-kata yang menghibur.

  11. Jadilah pema’af, kasihanilah sesama manusia dan sayangilah binatang. Berlaku baik kepada setiap orang, sayang kepada yang muda dan hormat kepada yang tua. Luangkanlah tempat bagi saudara2 mu di tempat-tempat pertemuan, jangan gaduh, mintalah izin ketika masuk rumah dan ketika mau keluar rumah.

  12. Giatlah membaca dan menulis. Milikilah perpustakaan pribadi walaupun kecil. Perbanyaklah menelaah tulisan saudaramu. Selamilah dalam2 ilmu keahlian kejuruanmu, disamping itu tambahlah pengetahuanmu dengan ilmu islam, sehingga dapat memecahkan persoalan yang timbul sehari-hari.

  13. Berusahalah untuk bekerja walaupun engkau seorang kaya. Dan dahulukanlah pekerjaan yang bebas(wiraswasta) walaupun penghasilannya kecil. Dan hendaklah engkau menyukai pekerjaan itu walaupun engkau mempunyai bakat- bakat ilmiah yang lain. Ingat nabi-mu pun berdagang disela-sela kesibukannya.

  14. Janganlah terlalu tamak kedudukan (pekerjaan) dipemerintahan. Dan yakinkan bahwa itu pintu rizki yang paling sempit. tetapi jangan engkau tolak jika ada kesempatan untuk itu. Dan jangan engkau tinggalkan masalah2 itu kecuali bertentangan dengan maslahat2 dakwa.

  15. Kerjakanlah tugas-tugasmu sesempurnah mungkin, jauhi kecurangan dan mencuri (korupsi) besar atau kecil. Taati jadwal dan jangan terlambat masuk kantor/tempat.

  16. Tuntutlah hak-hakmu dengan gigih dan sopan, dilain pihak tunaikan hak-hak orang lain tanpa mengurangi atau memotongnya.

  17. Hindari segala macam bentuk perjudian, betapapun menarik hadiahnya dan jauhilah cara-cara manarik keuntungan yang menyimpang (haram) walaupun cepat hasilnya (labanya)

  18. Hindarilah praktek-praktek riba didalam transaksi-transaksimu. Sucikanlah langkah2 mu dari sentuhan riba.

  19. Bantulah badan-badan dan lembaga-lembaga islam, usahakanlah agar uang mu jatuh kepada saudara-saudaramu, berbelanjalah kepada orang-orang Islam. Dahulukanlah mereka dalam setiap bisnis dan urusan dari pada orang lain. Utamakanlah memakai barang hasil bumi dari negeri-negeri Islam. Bantulah dakwa dengan sebagian hartamu.

  20. Bayarlah zakat, betapapun sedikit penghasilanmu, dengan penuh kesadaran bahwa hak fakir-miskin yang terselip dihartamu. Karena sesunggunya banyak saudara2 mu yang takut atau malu untuk meminta sementara mereka sangat membutuhkan.

  21. Sisihkanlah sebagian dari hartamu (penghasilanmu) buat pengeluaran yang tak terduga betapapun kecilnya penghasilanmu, jangan bermewah-mewahan atau berlebih-lebihan.

  22. Usahakanlah menghidupkan kembali tradisi-tardisi Islam yang saat ini ditinggalkan seperti: kata2 ucapan selamat, salam, bahasa, kalender Islam, pakaian, perabot rumah tangga. Penetapan saat2 kerja dan istirahat, makan, dan minum, saat berangkat dan tiba, ucapan2 waktu gembira dan sedih. Kembalilah semuanya kepada contoh Nabi SAW, dan tinggalkanlah semuanya kepada contoh2 dari yang lain.

  23. Putuskanlah hubunganmu dengan pengadilan2 yang tidak Islami. Tinggalkanlah organisasi dan lembaga-lembaga, sekolah-sekolah, surat kabar-surat kabar yang memusuhi ideologi Islam.

  24. Berusahalah sekuat tenaga untuk merasa diawasi ALLOH. Ingatlah akhirat dan persiapkan dirimu untuk menghadapinya. Berjalanlah menuju ridha ALLOH dengan penuh semangat. Dekatkan dirimu kepada ALLOH dengan ibadah sunah seperti qiyamul lail, shaum sunah minimal tiga hari tiap bulan. Perbanyaklah zikir dengan hati dan lisan. Berdo’alah dengan do’a yang masyur dari Nabi SAW.

  25. Sempurnakanlah kemurnian dan kebersihan pribadimu, usahakanlah selalu dalam keadaan suci (berwudhu) senantiasa.

  26. Sempurnakanlah shalatmu dan usahakanlah tepat pada waktunya. Berusahalah sekuat tenaga shalat berjama’ah sesering mungkin di masjid.

  27. Sempurnakanlah puasa di bulan Ramadhan dan pergilah menunaikan ibadah haji di Ka’bah Baitullah bila mampu. Bila tidak mampu jadikanlah haji sebagai cita2 hidupmu dan bekerja keraslah untuk mencapainya.

  28. Pupuklah selalu semangat jihad dan gandrung untuk mati syahid dijalan ALLOH serta bersiap-siaplah untuk itu.

  29. Sering-seringlah beristighfar dan bertaubat minta ampunan ALLOH SWT atas dosa-dosamu. Usahakanlah menghindari dosa-dosa kecil apalagi dosa-dosa besar. Sediakan waktu sesaat setiap malam sebelum tidur untuk muhasabah(mawas diri) atas perbuatan2 baik dan burukmu sehari tadi. Peliharalah waktumu, sebab ia adalah kehidupanmu.

  30. Berjuanglah menundukkan hawa nafsu, kendalikan emosi, salurkanlah dorongan (nafsu) seksual pada jalan yang halal (nikah).

  31. Sama sekali jauhilah segala jenis minuman keras dan benda-benda yang memabukkan lainnya.


2 Responses to “38 Tugas Mujahid Muslim”


  1. August 22, 2008 at 12:12 am

    Wah gw bgt ni…
    Wkkkkk, sori bang bcanda…
    Maksudnya qt sdang mnuju 38sifat mujahid…
    Mantaf…
    Jazakumullah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


July 2008
M T W T F S S
« Jun   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Klik tertinggi

  • None

Tarikh Hari Ini

Kontak



Oka (My Bro)

Stop Caterpillar

Jamal Records

Organisasi Kampus Ku

Voice Of Islam

Voice of Islam

Jumlah Pengunjung

who's online

Flag Counter

Tracker

peta pengunjung

ip-location

Jumlah Pengunjung

  • 126,588 pengunjung

Iklan

Free Domain KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia



Flickr Photos

Kirkjufell

Puss Moth Caterpillar

Ice Elephant Seal - HFF

More Photos

%d bloggers like this: