IT · komputer

Peranan IT Dalam Islam

Assamualikum wr.wb

IT adalah alat dakwah. Kita harus menunjukkan pada dunia bahawa Islam tidak menghalang pembangunan dan kemajuan. Kita tidak mau ketinggalan sedangkan sekarang musuh Islam menyebarkan propaganda dan serangannya dengan IT. Tanpa IT, kita akan ketinggalan. Islam akan dilihat jumud dan kolot. Sedangkan IT adalah alat canggih, moderen yang dapat menguntungkan perjuangan Islam.

Hari ini, banyak orang memperkatakan tentang IT. Apa itu IT? IT itu adalah singkatan dari “Information Technology.” Penggunaan IT sudah sangat luas. Malahan sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia di alam ini.

Di bawah ini adalah pandangan ringkas mengenai penggunaan IT di era Kegemilangan Islam:

Kita mesti menggunakan IT sebagai saluran menuju TUHAN. IT adalah alat. Alat itu digunakan sebagai pendorong untuk memenuhi dua tuntutan manusia. Pertama, supaya manusia dapat membesarkan dan mengagungkan Tuhan. Kedua, supaya manusia dapat berhubungan sesama manusia.

Ada kerjasama, kasih sayang dan tolong-menolong antar sesama. Terbangunnya IT bermakna terbangunnya tamadun atau pembangunan material. Terbangunnya IT juga dapat mendorong manusia membangunkan tamadun rohaniah.

Contohnya, kita memberikan motivasi atau dakwah Islam dengan mengguna IT. Hal tersebut menunjukkan IT sudah menjadi tamadun material. Dan juga IT adalah alat atau saluran pendorong kepada terbentuknya tamadun atau pembangunan rohaniah.

Para profesional IT, tidak mengira di mana pun dia berada, kerja-kerja mereka dinilai sebagai ibadah dengan syarat tidak lari dari 5 syarat ibadah. Pengusaha atau pemakai IT akan mendapat keredhaan Tuhan jika menempuh 5 syarat tersebut. Apa 5 syarat tersebut, yaitu:

1) Niat karena Allah
2) Pekerjaan yang melibatkan IT harus sesuai syariat
3) Pelaksanaan kerja yang dibuat harus mengikuti syariat
4) Hasilnya mesti betul dan bermanfaat
5) Tidak meninggalkan ibadah asas atau fardhu

IT adalah alat dakwah. Kita harus menunjukkan pada dunia bahawa Islam tidak menghalang pembangunan dan kemajuan. Kita tidak mau ketinggalan sedangkan sekarang musuh Islam menyebarkan propaganda dan serangannya dengan IT. Tanpa IT, kita akan ketinggalan. Islam akan dilihat jumud dan kolot. Sedangkan IT adalah alat canggih, moderen yang dapat menguntungkan perjuangan Islam.

Yang salah bukan ITnya. Tetapi bagaimana cara kita mengendalikan IT. Coba kita lihat pisau dan peranannya. Pisau itu kalau dipakai pemasak, alat itu akan sesuai digunakan untuk memotong sayur, ikan dan lain-lain. Tetapi jika pisau itu dipakai perampok. Pisau itu digunakan untuk menikam orang. Setidak-tidaknya diguna untuk mengancam orang. Begitu halnya dengan IT, semua itu tergantung seberapa jauh hubungan kita dengan Tuhan. Itu sebabnya harus memenuhi 5 syarat ibadah.

Hal yang mendasar bagi pemakai dan pengusaha IT ialah disuburkan pembangunan insan mereka. Pembangunan insan itu penting. Pembangunan insan itu akan memproses pemakai dan pengusaha tersebut menjadi orang bertaqwa. Jadi bila sudah dipersiapkan orangnya, maka IT sudah tidak menjadi masalah lagi. Karena orang itu sudah ada panduan bagaimana menggunakan IT sesuai kehendak Tuhan. Orang itu sudah memiliki benteng untuk menghindarkan dirinya dari terjebak dalam maksiat dan kejahatan IT.

Jadi selain kerja-kerja teknikal IT yang secara langsung kita terlibat, pembangunan insan pada orang IT ini tidak diketepikan. Bahkan dijadikan sebagai program utama. Jika tidak, tujuan seperti yang disebutkan di awal tadi tidak akan tercapai.

Kepada para pejuang akhir zaman, yang memperjuangkan kebenaran, mereka harus faham bahwa mereka ini berjuang untuk menagih janji Tuhan. Sudah pasti IT menjadi alat yang bermakna dalam membantu proses mengharapkan janji Tuhan itu berlaku di tangan mereka.

Sumber: http://www.rufaqa-indonesia.com

Advertisements

4 thoughts on “Peranan IT Dalam Islam

  1. Ya saya setuju soal .saya sarankan utk para pendakwah d hrpkan dpt menguasai teknologi,karna hanya teknologi yg dpt memudahkan dkwah kita.was

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s