20
Oct
07

Isbal

Salam

 

Segala Puji Bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala Rabb semesta alam. Aku bersaksi tiada yang berhak diibadahi selain Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan shalawat kepada beliau, keluarganya, sahabatnya dan orang yang mengikuti sunnah-sunnah beliau serta orang yang mendapatkan hidayah dengan bimbingan beliau hingga hari akhir.

 

Kali ini oki akan meneritakan tentang ISBAL( Hukum Memakai Kain Di Bawah Mata Kaki )

 

Pada saat berkumpul disekretariat UKM Fajrul Islam Univ. Gunadrama, Depok. Disana terdapat teman-teman ikhwan yang menggunakan celana panjang ngatung. Hmm setelah browsing diinternet memang ada hukumnya lho. Jujur dari SMA celana memang agak ngatung( atau bahkan ngatung ), tau nih dari dulu ( sebelum kuliah ) gak suka celana panjangnya sampai menyeret kejalan. Dan alhamdulillah mendapat hadist nya yaitu:

 

Siapa yang menyeret pakaiannya karena sombong, Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan melihatnya di hari kiamat.” ( HR Bukhari dan yang lainnya ).

 

Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan melihat orang yang menyeret sarungnya karena sombong“. (Muttafaq ‘alaihi)

 

Memang Kadang agak aneh dengan celana ngatung, suka dibilang aneh juga sama teman. Jangan hanya celana panjang aja setiap kuliah tapi sarung, gamis yang kita pakai jangan sampai menutup mata kaki.

 

Isbal berlaku bagi sarung, gamis, dan sorban. Barang siapa yang menurunkan pakaiannya karena sombong, tidak akan dilihat oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala di hari kiamat.” ( Hr Abu Daud, Nasa’i, dan Ibnu Majah. Dan hadits ini adalah hadits yang sahih ).

Apa saja yang berada di bawah mata kaki berupa sarung, maka tempatnya di Neraka.” ( HR. Ahmad dan Bukhari ).

 

Mau celana yang kita pakai jeans atau denim ( bahan ), tetap harus naikkan celananya. Biarin dibilang aneh sama orang sekitar. Karena sesuatu yang isbal bisa bahaya, memang banyak orang yang menyepelekannya. Orang yang isbal bisa disebut sombong. Larangan untuk melakukan Isbal adalah larangan yang bersifat umum,apakah karena sombong atau tidak. Itu sama saja dengan keumuman nash. Tapi, bila dilakukan karena sombong maka hal itu lebih keras lagi kadar keharamannya dan lebih besar dosanya

Isbal adalah suatu lambang kesombongan dan orang yang memiiki rasa sombong dalam hatinya walaupun seberat biji dzarrah tidak akan masuk surga, sebagaimana yang diterangkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

dan yang terakhir adalah hadist yang tidak akan dilihat oleh ALLAH Azza Wa Jalla, yaitu termasuk orang yang isbal.

 

Ada 3 golongan yang tidak akan dilihat oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala di hari kiamat, tidak dilihat dan tidak disucikan ( dari dosa) serta mendapatkan azab yang sangat pedih, yaitu pelaku Isbal (musbil), pengungkit pemberian dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palsu.” (HR. Muslim, Ibn Majah, Tirmidzi, Nasa’i).

Wallahu a’lam

 

Salam

 

 

 

 

 

 

 

 


3 Responses to “Isbal”


  1. November 21, 2007 at 11:25 am

    Assalamu Alaikum… Tulisan antum tentang isbal bagus… Cuman saya punya sedikit masukan buat antum wahai saudaraku…
    Ketika antum sudah menerima dan meyakini sebuah faham… jangan lupa bahwa banyak ulama dengan banyak faham yang terkadang berbeda satu dengan lainnnya. Misalnya masalah isbal… say sendiri anti isbal (Alhamdulillah saya tidak isbal), tapi saya tidak menapikan bahwa ada ulama ahlussunnah, baik ulama salaf maupunkhalaf yang tidak mengharamkan isbal secara mutlak (tentunya setelah melalui penelitian dan istinbat hukum dari banyak hadits).
    Contoh lain, ada ulama yang mewajibkan wanita menutup wajah (bercadar) ada juga ulama ahlussunnah yang tidak mewajibkannya. Bahkan ada syaikh salafy menganggap orang yang mewajibkan cadar sebagai orang yang “mengharamkan sesuatu yang dihalalkan oleh Allah”.
    Jadi…. ilmu itu luas…. semoga kita bisa arif menyikapi perbedaan diantara sesama saydara kita….
    Afwan kalau saya lancang…
    Salam persaudaraan… Ana uhibukum fillah

  2. November 21, 2007 at 11:27 am

    Oya…. syukron… telah mengunjungi situs saya…

  3. 3 U Nee
    December 14, 2007 at 5:55 am

    — salafy

    Bisa menunjukkan dalilnya kalau ada ulama yang membolehkan isbal? Sebab hadits Nabi itu sangat jelas dan penjelasan ulama terdahulu juga sangat jelas dalam hal ini. jazakallah…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


October 2007
M T W T F S S
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Klik tertinggi

  • None

Tarikh Hari Ini

Kontak



Oka (My Bro)

Stop Caterpillar

Jamal Records

Organisasi Kampus Ku

Voice Of Islam

Voice of Islam

Jumlah Pengunjung

who's online

Flag Counter

Tracker

peta pengunjung

ip-location

Jumlah Pengunjung

  • 126,588 pengunjung

Iklan

Free Domain KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia



Flickr Photos

Kirkjufell

Puss Moth Caterpillar

Ice Elephant Seal - HFF

More Photos

%d bloggers like this: