25
Nov
07

Wanita Ahli Surga Dan Ciri-Cirinya

Salam

Mungkin para ikhwan(saudara kita) ingin sekali mempunyai istri yang soleha. Mau kan?? Iya atuh saya mau sekali. Tapi soal jodoh itu urusan allah Azza Wa Jalla, kita hanya berikhtiar, berusaha, dan berdoa. Hehe padahal ikhtiar+berusaha itu sama saja yah. Oke langsung ajah yah….

 

Setiap insan tentunya mendambakan kenikmatan yang paling tinggi dan abadi. Kenikmatan itu adalah Surga. Di dalamnya terdapat bejana-bejana dari emas dan perak, istana yang megah dengan dihiasi beragam permata, dan berbagai macam kenikmatan lainnya yang tidak pernah terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga, dan terbetik di hati.

Dalam Al Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang menggambarkan kenikmatan-kenikmatan Surga. Diantaranya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“(Apakah) perumpamaan (penghuni) Surga yang dijanjikan kepada orang-orang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tidak berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamr (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai dari madu yang disaring dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?” (QS. Muhammad : 15)

“Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk Surga). Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam Surga kenikmatan. Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian. Mereka berada di atas dipan yang bertahtakan emas dan permata seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan. Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda dengan membawa gelas, cerek, dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir, mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.” (QS. Al Waqiah : 10-21)

Di samping mendapatkan kenikmatan-kenikmatan tersebut, orang-orang yang beriman kepada Allah Tabaraka wa Ta’ala kelak akan mendapatkan pendamping (istri) dari bidadari-bidadari Surga nan rupawan yang banyak dikisahkan dalam ayat-ayat Al Qur’an yang mulia, diantaranya :

“Dan (di dalam Surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik.” (QS. Al Waqiah : 22-23)

“Dan di dalam Surga-Surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan, menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni Surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.” (QS. Ar Rahman : 56)

“Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.” (QS. Ar Rahman : 58)

“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan penuh cinta lagi sebaya umurnya.” (QS. Al Waqiah : 35-37)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam menggambarkan keutamaan-keutamaan wanita penduduk Surga dalam sabda beliau :

“ … seandainya salah seorang wanita penduduk Surga menengok penduduk bumi niscaya dia akan menyinari antara keduanya (penduduk Surga dan penduduk bumi) dan akan memenuhinya bau wangi-wangian. Dan setengah dari kerudung wanita Surga yang ada di kepalanya itu lebih baik daripada dunia dan isinya.” (HR. Bukhari dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anhu)

Dalam hadits lain Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

Sesungguhnya istri-istri penduduk Surga akan memanggil suami-suami mereka dengan suara yang merdu yang tidak pernah didengarkan oleh seorangpun. Diantara yang didendangkan oleh mereka : “Kami adalah wanita-wanita pilihan yang terbaik. Istri-istri kaum yang termulia. Mereka memandang dengan mata yang menyejukkan.” Dan mereka juga mendendangkan : “Kami adalah wanita-wanita yang kekal, tidak akan mati. Kami adalah wanita-wanita yang aman, tidak akan takut. Kami adalah wanita-wanita yang tinggal, tidak akan pergi.” (Shahih Al Jami’ nomor 1557)

Apakah Ciri-Ciri Wanita Surga

Apakah hanya orang-orang beriman dari kalangan laki-laki dan bidadari-bidadari saja yang menjadi penduduk Surga? Bagaimana dengan istri-istri kaum Mukminin di dunia, wanita-wanita penduduk bumi?

Istri-istri kaum Mukminin yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya tersebut akan tetap menjadi pendamping suaminya kelak di Surga dan akan memperoleh kenikmatan yang sama dengan yang diperoleh penduduk Surga lainnya, tentunya sesuai dengan amalnya selama di dunia.

Tentunya setiap wanita Muslimah ingin menjadi ahli Surga. Pada hakikatnya wanita ahli Surga adalah wanita yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Seluruh ciri-cirinya merupakan cerminan ketaatan yang dia miliki. Diantara ciri-ciri wanita ahli Surga adalah :

1. Bertakwa.

2. Beriman kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, hari kiamat, dan beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.

3. Bersaksi bahwa tiada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadlan, dan naik haji bagi yang mampu.

4. Ihsan, yaitu beribadah kepada Allah seakan-akan melihat Allah, jika dia tidak dapat melihat Allah, dia mengetahui bahwa Allah melihat dirinya.

5. Ikhlas beribadah semata-mata kepada Allah, tawakkal kepada Allah, mencintai Allah dan Rasul-Nya, takut terhadap adzab Allah, mengharap rahmat Allah, bertaubat kepada-Nya, dan bersabar atas segala takdir-takdir Allah serta mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan kepadanya.

6. Gemar membaca Al Qur’an dan berusaha memahaminya, berdzikir mengingat Allah ketika sendiri atau bersama banyak orang dan berdoa kepada Allah semata.

7. Menghidupkan amar ma’ruf dan nahi mungkar pada keluarga dan masyarakat.

8. Berbuat baik (ihsan) kepada tetangga, anak yatim, fakir miskin, dan seluruh makhluk, serta berbuat baik terhadap hewan ternak yang dia miliki.

9. Menyambung tali persaudaraan terhadap orang yang memutuskannya, memberi kepada orang, menahan pemberian kepada dirinya, dan memaafkan orang yang mendhaliminya.

10. Berinfak, baik ketika lapang maupun dalam keadaan sempit, menahan amarah dan memaafkan manusia.

11. Adil dalam segala perkara dan bersikap adil terhadap seluruh makhluk.

12. Menjaga lisannya dari perkataan dusta, saksi palsu dan menceritakan kejelekan orang lain (ghibah).

13. Menepati janji dan amanah yang diberikan kepadanya.

14. Berbakti kepada kedua orang tua.

15. Menyambung silaturahmi dengan karib kerabatnya, sahabat terdekat dan terjauh.

Demikian beberapa ciri-ciri wanita Ahli Surga yang kami sadur dari kitab Majmu’ Fatawa karya Syaikhul Islam Ibnu Tamiyyah juz 11 halaman 422-423. Ciri-ciri tersebut bukan merupakan suatu batasan tetapi ciri-ciri wanita Ahli Surga seluruhnya masuk dalam kerangka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Allah Ta’ala berfirman :

“ … dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam Surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai sedang mereka kekal di dalamnya dan itulah kemenangan yang besar.” (QS. An Nisa’ : 13).

Wallahu A’lam Bis Shawab.

(Dikutip dari tulisan al ustadz Azhari Asri, judul asli Wanita Ahli Surga Dan Ciri-Cirinya. MUSLIMAH XVII/1418/1997/Kajian Kali Ini)

About these ads

23 Responses to “Wanita Ahli Surga Dan Ciri-Cirinya”


  1. 1 d_451k
    November 30, 2007 at 5:09 am

    ass… subhnallh blognya… btw qo artikel yg sisipin pertama soal wanita??

    slama ini d slu bc soal wanita menurut islam, bidadari2 surga, pokonya all about ahwat dech… jarang bgt diah bc yang soal ikhwan(or d nya j x y yg kurang bc)… sajiin soal laki2 yg baik mnrut islam i2 spt apa don, n’ gmn cr dptinnya??? hehehe af1…
    Coz bukan hny “ikhwan j yg ingin menyari istri yang soleha” tp akhwat jg. Buat nmbh2 refrensi.. jzko o.. af1 yach qlo komen dslh… wass

  2. March 2, 2008 at 9:53 am

    Ass…

    Kok kata2nya sama ya kayak di blog ku ki..
    “Hehe padahal ikhtiar+berusaha itu sama saja yah.”
    Padahal pas posting aku blom baca artikel yang ini loch..
    Subnanallah.. Kapan ya aku kayak geto… ;)

  3. March 3, 2008 at 4:49 am

    Ass…

    Maap ni ki aku mau nanya ni…
    Kalimat yang
    ” 9. ……. menahan pemberian kepada dirinya………”

    Maksudnya apa? Apakah kalo dikasi harus nolak ato gimana ni ki.. Knapa mesti ditahan? Aku ora mudeng… hehehe…

  4. April 24, 2008 at 4:03 pm

    bagaimana dengan statement tak ada manusia yang sempurna janaga sampai ideal seperti kriteria diatas membuat para ikhwan kesulitan memilihnya

  5. 5 ANGEL #1
    December 19, 2009 at 10:51 am

    ya 4JJI ,, Q mengiginkan wanitayang sholeha ,, bukan hanya cntik paras.nya tapi budi perkertinya
    Q tahu Engkau merupakan zat yang MAHATAHU apa yang terbaik buat Hamba-Nya.

    Q manusia di ciptakan berpasang-pasangan tapi qtga tahu siapa jodoh qita nanti,,
    qt manusia hanya bisa berusaha & berdo’a minta yang terbaik buat qita ,,,

    Qt pilih calon pendamping itu dari 4 hal :
    1. Wajahya
    2. Hartanya
    3. Keluarganya
    4. Agamanya

    tapi lebih utama Agamanya ,, jika kita pilih Agama Insya4JJI qt akan selamat dunia & akhirat,,

    Ya 4JJI berikan Q wanita Sholeha yang bisa menerima Q apa adanya ,, yang bisa menyempurnakan Agamaku ,,

    Aminnn,,Aminn,,,,,Aminnnn ya 4JJI,,,, Ya Roballalamin,,,,,

  6. May 19, 2010 at 8:54 am

    ass….,semoga beruntung ikhwan yang mendapat seorang akhwat yang soleha…,n di berikan kemudahan dalam menjalankan kehidupan rumah tanngga nya….

  7. May 19, 2010 at 8:56 am

    ass…,ana lupa gmn c bwt dptn wanita soleha????

  8. August 3, 2010 at 3:31 pm

    Subnanallah…. kapan ya aq dapat menjadi istri yang soleha, padahal masih banyak yang belum aq amalkan. Berbahagialah para lelaki yang memiliki istri soleha. Smoga Allah selalu memberi petunjuk. Amin…

  9. 9 ANA
    August 4, 2010 at 2:15 pm

    SALAM………..
    KITA SBGI UMT ISLAM HRSLA SNTIASA BRSYKR DGN PA JA Y DKRNIAKN OLEH ALLH S.W.T.. KRNA E2LH Y TRBIK UNTK KTA… THN LBH MGTHUI pa y trbik untk hmba2NYA………(n_n).

  10. 10 andi
    August 18, 2010 at 8:33 pm

    kesempurnaan wanita sholeha adalah iman yg kuat dan selalu memberikan kasih sayang kepada siapapun…tetapi harus mengerti batas2annya terhadap kaum pria…

  11. 11 andi
    August 18, 2010 at 9:04 pm

    wanita yg sholeh adalah wanita yg sabar dan menerima apa adanya

  12. 12 Donny
    October 14, 2010 at 12:04 pm

    “istri-istri kaum Mukminin yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya tersebut akan tetap menjadi pendamping suaminya kelak di surga…”

    Bisakah anda menunjukkan sumber nya (Al-Quran atau Hadits) yg menjelaskan hal itu.

  13. October 17, 2010 at 1:44 pm

    ass…
    sebelum nya saya pengen bertanya kpd semuanya
    seorang laki_laki mencari seorang istri soleha seperti apa?

  14. October 17, 2010 at 1:48 pm

    ASS
    INGIN SEKALI rasanya aQ memiliki laki_laki yang soleh

  15. 15 nenk_ndda
    January 4, 2011 at 10:46 am

    cita – cita setiap wanita muslim adalh menjdi wanita soleha ,,,

    begitupun saya … hhe ( kpann …. yaaa …

    saya pernah baca

    wanita – wanita yang keji hanya untuk laki – laki yang keji
    laki – laki yang keji hanya untuk wanita – wanita yang keji pula

    wanita – wanita yang soleha hanya untuk laki – laki yang soleh
    laki – laki yang soleh hanya untuk wanita – wanita yang soleh pula

    kalu ga slh sih kaia gt ,
    mhon d maafkn bla ad yg slh

    ,….

  16. 16 metalia
    January 24, 2011 at 8:22 pm

    subhanallah smoga hamba bisa jadi salah satu diantaranya.amin ya rabb..

  17. 17 metalia
    January 24, 2011 at 8:24 pm

    asslm.wr.wb..
    subhanallah semoga hamba bisa jadi salah satu diantaranya…
    amin ya rabb…^^

  18. 18 Ami
    February 27, 2011 at 3:29 pm

    Masya’allah. . .
    Indah banget. . ,

    q jg ingin menjadi wanita saleha,
    tp apakah bs?q yg spti ini tuk jd wanita saleha. . . .
    Seperti perbedaan antara langit dan bumi. . . . .
    Tp q brharap,
    sma Allah sudi menolong aku tuk jd wanita saleha. . .
    Bismillahirrahmanirrahim. . . Amin.

  19. March 1, 2011 at 1:26 am

    Segala Puji bagi Tuhan Alam Semesta Allahu Ta’ala
    yang telah memberikan kabar kebaikan-kebaikan untuk kita semua agar lebih memahami wanita..:D

    Semoga aku dan kalian mendapatkan wanita ahli surga :) dan mendaptkan pasangan-pasangan yang di Ridhoi-Nya.
    Salam Kenal dari kamiGAMIS MURAH :)

  20. 20 yayah
    March 6, 2011 at 2:34 pm

    subahanallah …………

  21. March 20, 2011 at 6:51 am

    aq sih berharap keluarga q bisa menjadi keluarga S.M.W. oke dech……..!

  22. March 23, 2011 at 10:07 pm

    semoga dapat istri yang solehah…..yang bisa menambah keimana kepada allah swt..amin ^_^

  23. 23 ByhabibiALLAH
    May 8, 2011 at 7:24 pm

    Subhanallah…..
    Mahasuci ALLAH yg telah mnciptakan wanita2 sh0lehah…
    Mudah2 aq salah satu d antara ny y Rabb dan mndapatkan imam yg sh0leh pula…
    Imam yg bs mnyempurnakan akhlak & agama q..
    Imam yg slalau mnjaga q..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


November 2007
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Klik tertinggi

  • None

Tarikh Hari Ini

Kontak



Oka (My Bro)

Stop Caterpillar

Jamal Records

Organisasi Kampus Ku

Voice Of Islam

Voice of Islam

Jumlah Pengunjung

who's online

Flag Counter

Tracker

peta pengunjung

ip-location

Jumlah Pengunjung

  • 90,555 pengunjung

Iklan

Free Domain KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia



Flickr Photos

Senja

Goal

Jokulsarlon

More Photos

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: